Senin, 07 Januari 2013

Kisah Seorang Sahabat

      Tahun 2005 saya lulus SMA N dan saya diterima di fakultas pertanian pada jalur Lokal 1 jurusan Agronomi, sebenarnya kuliah di universitas bukanlah keinginan saya pada saat itu tp dengan dukungan orang tua dan keluarga akhirnya saya memutuskan untuk belajar di universitas tersebut, saya tergolong mahasiswa yang tidaklah pandai, tidak suka berorganisasi, malas, tidak disiplin. selama semasa kuliah saya terlalu bnyk mengecewakan orang lain.. terutama orang tua saya, saya mohon maaf sekali atas apa yg saya lakukan d massa kuliah lalu,, karena membuat mereka kecewa dan sedih atas tingkah laku saya semasa kuliah. ya.... benar penyesalan selalu datang terlambat.. tp saya akan berusaha memperbaiki diri saya agar bisa membahagiakan ornag2 yang saya sayangi,, 
     Bulan agustus 2009 saya mengikuti program KKN (Kuliah Kerja Nyata) di suatu desa di kab purbalingga,, di sana pertemuan dengan seorng wanita terjadi, saya terpikat dengan nya dan memutuskan menjalin kasih dengan nya sampai pada bulan oktober 2011 saya menikahinya (posisi saya pd waktu itu belum lulus). setelah saya menikah saya tinggal dengan orang tua, pd saat itu saya mulai berusaha mencari nafkah sambil melanjutkan kuliah. dari bisnis online, MLM (DBS) pernah saya ikuti walaupun ujungnya perusahaan tidak stabil, saat itu saya lepas dr bisnis tersebut karena menurut saya sudah tidak profit lagi, karena kapok dengan bisnis MLM saya berusaha mencari peluang berwirausaha, alhamdulillah saya dan teman saya adrian berkesempatan untuk bekerja di salah satu pembesaran lele yang cukup besar, perusahaan tersebut bernama randifarm yang pemilik ny adalah teman satu angkatan semasa kuliah, di randifarm sambil bekerja saya belajar banyak dri saudara randi dari A-Z, saya sangat berterima kasih sekali kepadanya karna dia dengan sabar mau membimbing dan mengajari untuk mengoptimalkan segala sesuatu yang ada yang kita miliki,,,,, randifarm sangatlah berjasa untuk kehidupan saya.

      Bulan Februari 2012, keluarga mempertanyakan nasib perkuliahan saya, akhirnya dengan sangat terpaksa saya mengundurkan diri dari randi farm untuk menyelesaikan program S1 di kampus karena masa study saya hampir habis pada saat itu. saya berusaha keras untuk menyelesaikan dengan berbagai cara namun alhasil saya selalu kesulitan.. akhirnya ada beberapa orng yang bersedia membantu saya menyelesaikan skripsi tersebut sampai akhirnya berhasil di yudisium. suatu kebanggaan tersendiri pada saat yudisium....
      Bulan Juni 2012 akhirnya saya berhasil memperoleh gelar sarjana pertanian di salah satu universitas negeri (ya walaupun saya mendapatkan Indeks prestasi terburuk satu fakultas pada waktu itu) saya merasa bersyukur kepada Allah S.W.T karena doa saya terkabul,, saya persembakan gelar tersebut untuk orang tua saya (Trimakasih bnyk atas motivasi dan segala jeri payahnya selama ini), untuk istri dan anak saya (berharap dengan ijasah tersebut dpt mendapatkan pekerjaan)..  ternyata sampai sekarang pun saya masih belum mendapatkan pekerjaan yang tetap,, 80% lamaran saya ditolak perusahaan hanya karena Indeks Prestasi yang kurang,, sedih rasanya apalagi melihat istri dan anak saya saat tertidur d malam hari,,, semakin sedih perasaan saya karena saya belum bisa membahagiakan anak dan istri saya, belum bisa membuat bangga kelurga saya.. 
      Setiap waktu saya selalu meluangkan waktu untuk mencari pekerjaan yang sesuai untuk keahlian saya, saya akhirnya mencoba untuk berwirausaha, ilmu yang d dapat dari randifarm saya terapkan untuk berwirausaha, lagi2 bnyk kendala yang saya hadapi mulai dari modal yang tidak ada sampai pasar yang belum jelas. namun itu  tidak membuat saya menyerah... saya akhirnya mengajak 2 orang teman saya untuk menjalankan usaha pembesaran lele dengan modal seadanya,, yah,,, akhirnya untuk pembesaran  lele tahap pertama untung tipis sekali tapi pada panen 2 untung lumayan,,, saya berpikir jika untuk usaha lele bisa menjanjikan kenapa tidak saya besarkan saja usaha terebut,, lagi2 modal yang menjadi kendala, saya coba minta orng tua pun tp tidak di setujui karena orang tua takut usaha nya gagal. ya sudah akhirnya saya berjalan seadanya sampai usaha berkembang walaupun perlahan, saat usaha saya tergolong profit ternyata malah semakin bnyk kendala yang saya hadapi.. dari mafia pasar sampai harga pakan naik.. tanpa d suntik modal usaha tersebut hanya akan mendapatkan sedikit keuntungan maka saya memutuskan untuk menarik uang saya dah berhenti sejenak dari usaha pembesaran lele.
     Saya yakin rejeki ada di tangan tuhan, yang harus kita lakukan adalah berusaha sebaik mungkin, berdoa dan berserah diri, semoga saja di bisnis ini saya mendapatkan ilmu yang bermanfaat, dan penghasilan yang menarik agar bisa membahagiakan orang2 yang saya sayangi, sambil tetap mencari pekerjaan saya akan jalani bisnis tsb dg ikhlas apapun hasilnya.... Allahumma shali wa shalim ngala sayidina muhamaddin wa atihi su lahu walwasilata

*Penulis adalah Lulusan Fakultas Pertanian di University Jenderal Soedirman, Purwokerto,
 

0 komentar:

Posting Komentar